:::...MAU DESAIN GEDUNG...:::

ARSITEKTUR ONLINE

JASA DISAIN ARSITEKTUR

Cari Arsitek disini tempatnya...........

Arsitektur Online adalah penyedia jasa arsitek yang dilakukan secara online dimana berfokus pada keperluan desain arsitektur. Mulai data dari owner di kirim via email terus komunikasi penyajian desain juga via email sampai penyajian terakhir bisa dikirim via pos. Dengan keberadaan online internet kita bisa menjangkau ke seluruh pelosok nusantara bahkan dunia untuk memenuhi kebutuhan desain arsitektur dengan mudahnya untuk itu www.onarsitek.com berdiri.

Desain Arsitektur

Kebutuhan desain arsitektur baik keperluan eksterior maupun interior mulai dari rumah tinggal, kantor, ruko ( rumah toko ), villa, gudang, hotel, mall, apartemen, tempat ibadah, dll tergantung permintaan owner.

Desain Rumah

Didalam proses pelaksanaan suatu rumah tinggal perlu adanya desain yang dapat dijadikan acuan / pegangan supaya lebih memudahkan didalam pengerjaan proyek rumah tinggal untuk itu desain rumah mutlak adanya apalagi rumah mewah yang banyak sekali memerlukan suatu apresiasi didalam proses menuangkan ide-idenya.

Produk Arsitektur

Untuk mencukupi keperluan didalam suatu proyek maka dibutuhkan gambar konsep, gambar penyajian, gambar kerja khususnya arsitektur untuk itu onarsitek berusaha untuk memenuhi kebetuhan tersebut.

Penyajian Arsitektur

Didalam penyampaian kepada konsumen perlu adanya suatu hal yang dapat memperjelas pengertian terhadap owner untuk itu diperlukan penyajian arsitektur yang mudah pengplikasiannya, maka perlu suatu produk digital yang dapat membantu untuk membuka pandangan masyarakat awam

Seluruh Indonesia

Untuk sementara waktu ini onarsitek hanya bisa melayani customer seluruh Indonesia, tetapi untuk jangka panjang tidak menutup kemungkinan bisa seluruh dunia.

ORDER DESAIN

Kamis, 22 April 2010

Ekspresi Fasad Islamic Style

Ekspresi Fasad Islamic Style

Oleh: trenmagz

Elemen bentuk dan seni arsitektur islamic style, selain menjadi elemen estetika, juga menjadi identitas suatu bangunan.

Jika Anda pernah mengunjungi suatu tempat baru, yang jauh dari tempat asal, tentu Anda akan menemui suatu atmosfer yang berbeda. Baik itu alamnya, budayanya, hingga suatu tempat tinggalnya yang memiliki identitas tertentu dengan wajah arsitektur setempat. Kali ini kita akan mengenal sebuah fasad dengan tampilan wajah islamic style pada sebuah vila atau hunian, sebagai penambah gaya desain dalam langgam dunia arsitektur.

Langgam arsitektur Islam di masing-masing negara yang berpenduduk mayoritas muslim, tentunya berbeda-beda. Itu karena adanya pengaruh kultur budaya setempat. Salah satunya yang terlihat pada sebuah vila di kompleks Dar Al Masyaf Gulf Summer House, Dubai, Uni Emirat Arab.

Kekhasannya terletak pada elemen fasad. Terutama pada dua menara yang menjulang dan menunjukkan identitas seni arsitektur Islam sebagai bahasa simbol, sekaligus menjadi ikon bangunan tersebut.

Keberadaan dua menara tersebut menjadi ciri langgam arsitektur Islam khas di jazirah Arabia. Pada detail menara tersebut, tampak hiasan ornamen islamic style dengan bentuk simetris yang terinspirasi dari seni arsitektur tradisional setempat. Simbol menara tersebut sering ditampilkan pada bangunan-bangunan publik, seperti pada hotel, bangunan budaya, dan kantor pemerintahan.

Pada pintu masuk utama, sering kali ditampilkan corak ragam karya seni berkarakter islami sebagai focal point pada dinding bangunan utama. Detailnya penuh dengan ukiran bercorak floral geometris yang indah dipandang mata. Bagian dinding yang masif atau polos, menjadi berkesan hidup dan tampil artistik dengan olahan seni tersebut. Pengolahan pada dinding tersebut, menambah vitalitas tampilan eksterior dan berkesan menyatu dengan keindahan langgam arsitektur Islam yang sangat khas.

Dari segi penataan ruang, sudah menjadi kaidah umum bahwa pemisahan ruang-ruang pada rumah tinggal islami didasarkan pada aspek gender, seperti ruang tamu khusus pria dan ruang tamu khusus wanita. Dua ruang tamu yang terpisah pada vila ini, memiliki privasi yang tinggi dan memadai untuk menerima para tamu.

Pencapaian menuju ruang tersebut juga dibuat secara terpisah. Jika dilihat dalam tampak depan, akses pencapaian di sisi kanan adalah jalur pencapain ke ruang tamu khusus pria, bagian tengah merupakan jalur pencapaian ke ruang tamu khusus wanita, dan bagian kiri merupakan pencapaian khusus bagi penghuni.

Sebelum memasuki ruang dalam, biasanya dihadirkan ruang transisi, semisal foyer eksterior yang ditangkupi dengan balkon teras dengan pembatas berupa kolom-kolom. Keberadaan kolom-kolom eksterior tersebut, mencerminkan sifat kekokohan struktural, sekaligus menciptakan suatu kesan ruang pengantar masuk yang harmonis. Harmonisasi itu juga ditunjang dengan berbagai ornamen yang menyatu dengan langgam arsitekturnya.

Pada bagian interior, secara kesinambungan diterapkan seni dekorasi islamic style yang beraturan. Misalnya motif heksagonal, floral, dan sejenisnya, yang membentuk suatu irama desain yang menarik dan indah.

Sementara itu, warna yang biasa dipilih untuk bagian eksterior dan interior bangunan adalah warna-warna netral yang natural. Seperti warna-warna pastel, beige, peach kulit telur atau warna terakota. Warna-warna inilah yang pada akhirnya memberi kesan teduh dan tenang.

Teks : Nirwana Yudo (arsitek, tinggal di Arab Saudi)

Lokasi : Dar Al Masyaf Gulf Summer House, Dubai, Uni Emirat Arab

Foto : Istimewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar